6 Istilah dalam Sepakbola dan Sejarah Penamaannya



Istilah-istilah dalam sepak bola seperti hat trick, nutmeg, clean sheet pasti sudah banyak yang tahu artinya, apalagi bagi para penggemar sepak bola. Tapi jika tahu arti dan maksudnya, belum tentu tahu apa sejarah dibalik pemberian nama istilah tersebut.

Hat trick

Pesepak bola mana yang tidak mengincar ini, semua pasti ingin. Hat trick adalah istilah dimana saat seorang pesepak bola berhasil menjebol gawang lawan dengan tiga gol atau lebih dalam satu pertandingan.

Istilah ini awalnya bukan datang dari dunia sepak bola, tapi dari olahraga kriket sekitar abad 19. Setiap kali seorang bowler (pelempar bola) berhasil mengenai wicket (susunan kayu) secara tiga kali berturut-turut, dia akan diberi sebuah topi yang diisi dengan beragam hadiah seperti uang, kacang, bahkan sampai pakaian dalam wanita.

Hotspur

Nama Hostspur yang ada pada nama klub Tottenham Hotspur, diambil dari nama panggilan Sir Henry Percy. Dia adalah ksatria Inggris dari abad 14 yang memimpin pemberontakan terhadap Raja Henry IV.

Keturunannya memiliki tanah di daerah Tottenham. Jadi saat sebuah klub sepak bola dibentuk di sana pada tahun 1882, mereka memutuskan untuk menamakannya Hotspur, yang sekarang menjadi Tottenham Hotspur.
Sir Henry Percy

Kop

Kop dapat ditemukan di sejumlah stadion ternama di seluruh dunia, dan yang paling terkenal tentu saja di Anfield milik klub Liverpool.

Kop ini adalah sebuah area di dalam stadion dimana pendukung akan mengibarkan bendera klub yang besar dan mengangkat tangan sambil memegang syal bertulis nama klub mereka. Posisinya biasanya berada di belakang gawang.

Kop dinamai dari gunung di Afrika Selatan bernama Spion Kop yang menjadi tempat pertempuran ratusan pasukan Liverpudlian selama Perang Boer II yang berlangsung pada Januari 1900.
kop

Nutmeg

Dikenal juga sebagai ngolong, nutmeg adalah aksi dimana seorang pemain men-drible bola melalui kedua kaki lawannya. Pemain yang terkena nutmeg oleh lawannya, biasanya akan merasa seperti bodoh dan malu.

Istilah nutmeg diambil dari buah pala, ya pala yang biasa jadi bumbu masak itu. Pada 1870-an buah pala (nutmeg) adalah salah satu komoditi yang sangat berharga. Saking berharganya, banyak pedagang yang menjual buah pala palsu. Nah pembeli yang tertipu merasa seperti orang bodoh. Dengan kata lain, mereka telah di-nutmeg.

Clean sheet

Kita mengenalnya sebagai skor kacamata alias 0-0, tidak ada satu pun yang berhasil menjebol gawang lawannya.

Sejarah istilah ini datang dari masa-masa dimana seprai kasur (bed sheet) digunakan sebagai jaring gawang dan lapangan masih penuh dengan lumpur. Jika seprai tersebut masih bersih usai pertandingan (clean), artinya tidak ada gol yang terjadi.

Derby

Derby memiliki arti pertandingan antara dua klub yang berasal dari kota yang sama, Manchester United vs Manchester City misalnya.

Sejarahnya, pada 1778, Edward Smith-Stanley yang menjabat Earl of Derbyshire XII, semacam wali kota di daerah Derby, Inggris, mengadakan sebuah event balap kuda elit yang diberi nama The Derby.

Lebih baru Lebih lama