Daftar Negara yang Bisa Jalankan Android di Windows 11

Android di Windows 11

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Microsoft di Windows 11 adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android langsung di Windows 11 melalui apa yang disebut sebagai Amazon Appstore.

Dikutip dari situs Microsoft, baru-baru ini Microsoft baru saja menambah daftar negara yang bisa meng-install Amazon Appstore. Negara-negara itu antara lain Andora, Austria, Belgia, Perancis, Jerman, Gibraltar, Guernsey, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jepang, Jersey, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, San Marino, Spanyol, Swiss, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Vatikan.

Jika diperhatikan, nama Indonesia masih belum ada di sana. Itu artinya pengguna Windows 11 di Indonesia dan negara lain yang belum ada di daftar itu masih belum bisa menggunakan fitur ini.

Apa sih Amazon Appstore?

Secara garis besar, Amazon Appstore tak berbeda jauh dengan Google PlayStore. Lewat Amazon Appstore, kamu dapat menelusuri lebih dari 20.000 koleksi aplikasi Android yang tersedia. 

Setelah aplikasi Android-nya diunduh, kamu bisa menggunakannya di komputer atau perangkat lain yang menggunakan sistem operasi Windows 11 tanpa perlu memiliki smartphone Android.

Cara kerjanya

Amazon Appstore di Windows 11 ini didukung oleh sebuah teknologi bernama Windows Subsystem for Android (WSA). WSA ini menyertakan kernel Linux dan OS Android yang berbasis Android Open Source Project (AOSP) versi 11 dan didistribusikan melalui Microsoft Store sebagai bagian dari Amazon Appstore.
 
WSA berjalan di Hyper-V Virtual Machine, mirip dengan Windows Subsystem for Linux. WSA memahami cara memetakan runtime dan API aplikasi di lingkungan AOSP ke lapisan grafis Windows, buffer memori, input mode, perangkat fisik dan virtual, dan sensor.

Persyaratan minimum

Agar bisa menjalankan Amazon Appstore di Windows 11, berikut persyaratan  yang dibutuhkan, sesuai yang dikutip dari Microsoft:
  • RAM 8 GB (minimum) 16 GB (direkomendasikan)
  • Solid State Drive 
  • Processor Intel Core i3 8th Gen (minimum), AMD Ryzen 3000 (minimum), 
  • Qualcomm Snapdragon 8c (minimum) 
  • Arsitektur Processor  x64 or ARM64
  • Virtual Machine Platform

Mungkin persyaratan yang paling mengejutkan adalah jumlah RAM. Microsoft menyatakan bahwa 8GB adalah jumlah RAM minimal untuk menjalankan aplikasi Android. Masuk akal sih, mengingat menjalankan Windows 11 dengan RAM hanya 4GB bisa sangat menyebalkan.

Nah khusus untuk Virtual Machine Platform, bisa diaktifkan melalui UEFI atau BIOS. Caranya pun berbeda-beda tergantung dari produsen komputer yang kamu pakai. 

Alternatifnya

Belum hadirnya nama Indonesia di daftar itu, bukan berarti pengguna Windows 11 di Indonesia tidak bisa menggunakan fitur ini. Bahkan sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan. Bedanya bukan menggunakan Amazon Appstore, tapi justru menggunakan Google PlayStore.

Cuma masalahnya, penerapan trik ini sangat kompleks dan rasanya sangat sulit untuk diterapkan oleh pengguna yang masih awam. Jadi kalau mau aman ya tunggu saja sampai Microsoft memberikan dukungan resminya.

Alternatif kedua adalah dengan menggunakan emulator Android untuk PC seperti BlueStacks, Gameloop (Tencent Gaming Buddy), Android Studio, LDPlayer, MEmu Play, Nox Player, PrimeOS, Genymotion, dan lain-lain.
Nox

Indonesia kapan?

Saat ini Microsoft sedang bekerja untuk meluncurkan Amazon Appstore Windows 11 ke lebih banyak negara. Dikutip dari blog Windows, dalam beberapa waktu ke depan daftar negaranya akan bertambah menjadi 31 negara.

Ekspansi ini akhirnya akan membantu menghadirkan salah satu fitur sistem operasi yang diharapkan ke lebih banyak pengguna daripada sebelumnya.

Semoga dalam daftar berikutnya, Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang didukung.
Lebih baru Lebih lama