Jadi Vegan Nggak Usah Pamer-pamer

i'm vegan


“Bagaimana kamu tahu jika seseorang adalah seorang penganut gaya hidup vegan? Jangan khawatir, mereka pasti akan memberi tahunya sendiri.”

 

Itu adalah sebuah jokes yang sudah lama tentang gaya hidup vegan. Beberapa orang terkadang terlalu bangga menjadi seorang penganut gaya hidup vegan. Seolah-olah tidak memakan daging dan turunannya adalah pencapaian tertinggi dalam hidup mereka. Saya selalu berpikir, apa sih yang begitu istimewa dari cuma makan sayuran saja? Tapi tentu saja, setiap orang punya pilihan makanannya masing-masing.

 

Veganisme Modern: Tren atau Kebutuhan?

Tapi, apakah benar menjadi vegan itu sesuatu yang baru dan revolusioner? Nggak juga. Orang-orang yang hidupnya di bawah garis kemiskinan sudah menjadi vegan sejati tanpa perlu pamer-pamer. Dan itu bukanlah hal yang luar biasa atau istimewa. Mereka tidak memiliki banyak pilihan makanan, jadi makan sayuran bukanlah sebuah pilihan, melainkan keharusan, bukan tren.

 

Mereka tidak mengunggah foto makanan vegan mereka di Instagram atau membuat poster bertuliskan "Saya Bangga Jadi Vegan, Tanyakan Mengapa!". Nggak perlu pamer, karena tidak ada yang spesial.


poster vegan
By Tomasz Molina - Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=122606255

Kita hidup di zaman modern, di mana kita bisa mendapatkan segala jenis makanan dengan mudah. Di era modern ini, menganut gaya hidup vegan menjadi semacam tren sosial. Setiap orang ingin terlihat peduli terhadap lingkungan dan kesehatan.

 

Nggak apa-apa. Jika menjadi vegan bisa membuat dunia lebih hijau dan kesehatan kita lebih baik, kenapa tidak? Tentu saja menjadi vegan adalah pilihan yang baik untuk lingkungan dan kesehatan. Tapi bukan berarti kalian perlu selalu memamerkannya.

 

Veganisme Bukan Lomba Prestise

Menjadi vegan bukanlah lomba prestise. Tidak ada medali emas untuk "Vegan Terbaik Tahun Ini." Kita semua punya pilihan, dan itu tidak harus selalu tentang memenangkan persaingan.

 

Jadi, bagi para vegan di luar sana, marilah bersikap rendah hati. Kalian mungkin tidak seistimewa yang kalian kira, karena orang-orang di masa lalu mungkin sudah melakukannya sejak lama tanpa perlu pamer. Dan bagi para karnivora, mari hargai pilihan makanan orang lain tanpa perlu menilai atau memamerkan pilihan kalian sendiri.

 

Jadi, mari kita jadikan dunia ini tempat yang lebih baik, sedikit lebih banyak toleransi, dan sejumput keceriaan. Dan siapa tahu, mungkin suatu hari nanti, kita akan kembali makan tumbuh-tumbuhan dan berkata, "Ya, kita lakukan ini bukan karena tren, tetapi karena tuumbuhan memang enak, bro!"


Lebih baru Lebih lama