Kontroversi GTA 6: Kebocoran Terbesar dalam Sejarah Game dan Dampaknya pada Industri



Minggu (18/8), di Internet beredar 90 cuplikan berupa foto dan video yang diduga adalah cuplikan dari game Grand Theft Auto VI (GTA 6) yang masih dalam pengembangan oleh RockStar Games.


Cuplikan itu dibocorkan oleh seorang hacker dengan nama alias teapotuberhacker yang mendapatkannya dari aksi phishing ke pegawai RockStar Games.

Meski belum ada konfirmasi dari RockStar Games, jika memang bocoran cuplikan-cuplikan itu benar, ini menjadi kasus kebocoran terbesar dalam sejarah game.

Yang ada dalam cuplikan

Tidak seperti game GTA versi-versi sebelumnya, kali ini ada karakter utama wanita bernama Lucia yang menjadi pendamping karakter utama pria bernama Jason. Mungkin mereka adalah pasangan perampok atau bisa juga kakak adik.

Dalam cuplikan itu juga ditampilkan penggambaran latar belakang lokasi yang mirip dengan kota Miami, seperti yang ditampilkan di GTA Vice City.

Sistem inventori senjatanya juga dibuat seperti game Red Dead Redemption 2 yang juga milik RockStar Games. Di game itu karakter hanya diizinkan membawa senjata dengan jumlah sewajarnya. Bagi yang belum pernah main GTA, di GTA selama ini karakternya bisa membawa senjata sebanyak mungkin mulai dari pistol hingga peluncur roket, sehingga terkesan tidak realistis.

Tidak hanya cuplikan

Selain cuplikan, si hacker kabarnya juga berhasil mendapatkan 10.000 baris kode sumber game. Jika benar, itu artinya di tangan orang yang mengerti, kode sumber itu bisa dimanfaatkan untuk pembuatan cheat atau “pintu belakang” ke dalam game.

Mimpi buruk untuk RockStar Games

Yang namanya kebocoran informasi tentang produk yang belum dirilis adalah mimpi buruk bagi semua perusahaan, tidak terkecuali RockStar. Mereka biasanya sangat pelit dalam membocorkan game yang sedang mereka godok.

Apalagi seri GTA merupakan salah satu game terlaris sepanjang masa. Bayangkan bila penghasil uang itu sudah bocor sebelum waktunya, pasti akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Bisa saja game itu diundur perilisannya, atau kemungkinan paling buruk adalah dibatalkan perilisannya.

Reaksi RockStar Games

Saat tulisan ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari RockStar Games. Tapi pihak mereka lewat kuasa hukumnya sudah mulai memerintahkan situs-situs yang memuat cuplikan ini untuk menghapusnya.

Tapi jika sudah tersebar di online, tentu hampir mustahil untuk menghapusnya secara total. Bahkan kalau kamu buka YouTube sekarang pasti ada kok yang meng-upload ulang videonya.

Reaksi fans GTA

Sejak belum ada konfirmasi resmi, fans GTA tentu saja ramai membicarakannya di forum-forum dan media sosial. Ada yang percaya, ada yang tidak. Tapi jika dilihat dari cuplikannya, jika ini bohongan atau biar viral saja, rasanya tidak mungkin. Sebab cuplikan ini benar-benar berkualitas profesional walaupun tampilannya masih kasar. Jika hanya hasil keisengan, maka terlalu banyak upaya yang diberikan hanya untuk sebuah keisengan.

Kapan GTA 6 dirilis?

GTA 5 dirilis resmi pada 2013. Ini artinya sudah hampir satu dekade, RockStar Games belum merilis lanjutannya. Dilansir Bloomberg, GTA 6 sudah dikembangkan sejak 2014 dan rencananya dirilis pada 2024.

GTA 6 bisa dimainkan di platform PS5 dan Xbox Series X, dan ada kemungkinan pula muncul versi PC-nya dan Google Stadia.

Tapi dengan adanya kejadian kebocoran ini, entah apakah jadwal perilisannya masih tetap, atau akan berubah. Entahlah, hanya waktu dan RockStar Games yang bisa menjawabnya.
Lebih baru Lebih lama