Tutorial Instalasi Amplitube

Amplitube


Dari dulu udah lama pengen nyoba nyolokin gitar ke PC. Pernah nyoba pakai kabel jack 3,5 mm dengan susunan: GITAR - PEDAL FX - PC yang nyolok ke port mic. Hasilnya nggak memuaskan.


Kemarin baru beli kabel USB guitar link kayak gini di Lazada seharga Rp110.000, hasilnya memuaskan. Ngga ada delay, dan latency minim banget.

USB to 6.5 mm

Begini cara instalasinya:

1. Colokin kabel USB ini ke PC, biasanya Windows udah otomatis install drivernya. Di PC gue terinstal dengan nama USB Audio device.

Device Manager

2. Install ASIO4all versi terbaru dari sini https://asio4all.org

3. Buat sound (Ampli & FX) gue pake Amplitube 4. Berhubung bukan freeware, silakan cari sendiri installernya. Install Amplitube seperti biasa.

4. Setelah Amplitube diinstal, jalankan, dan buka menu Settings > Audio MIDI Setup.

Amplitube

5. Pada opsi Technology pilih ASIO. Di bagian Left Channel dan Right Channel, pilih sesuai dengan nama kabel USB guitar tadi. Di langkah 1, kabel USB gue dikenali sebagai USB Audio device, maka pilih USB Audio device 1 & USB Audio device 2. Kalau nama device lo dikenalin berbeda, ya pakai yang dikenali itu.

Amplitube

6. Di bagian Output Device agak repot nih. Pilih ASIO4all v2. Jika seandainya soundcard lo nggak dikenali atau ngga ada, maka klik Panel. 

Amplitube

7. Jendela setting ASIO4all bakal kebuka. Pastikan semua list yang terhubung sama soundcard dan kabel USB lo, indikator warna birunya nyala semua. Kalo ngga nyala, ya diklik iconnya biar berubah jadi biru. Soundcard gue VIA HDA, dan kabel gue USB Audio device. Lihat gambar. 

ASIO4All

8. Kembali ke langkah 6, di bagian Left channel dan Right Channel, pilih Soundcard lo. Buffer size 512.

9. Dari sini, kalau memang PC lo normal-normal aja, Amplitude udah bisa dipakai.
Lebih baru Lebih lama