Karma dan Tuhan yang Maha Adil



Saya bukan penganut Budha, tapi percaya banget dengan yang namanya karma. Karena ngga mungkin kan, kamu melakukan hal baik tapi dibales dengan hal jahat. Kalo ya, berarti ada yang salah dengan istilah "Tuhan Maha Adil".


Saya yakin, semua agama mengajarkan kita untuk berbuat baik dan menjauhi kejahatan. Tapi, apakah kita bisa melihat hasil dari perbuatan kita secara langsung? Apakah kita bisa menjamin bahwa orang yang berbuat jahat akan mendapat balasan yang setimpal di dunia ini?

Saya rasa, ngga semua hal bisa kita ukur dengan logika manusia. Ada hal-hal yang berada di luar nalar kita, yang hanya bisa kita percayai dengan iman. Saya percaya, bahwa Tuhan Maha Adil dan Maha Mengetahui. Dia tahu apa yang kita lakukan, apa yang kita rasakan, dan apa yang kita inginkan. Dia juga tahu apa yang terbaik untuk kita, meskipun kadang kita ngga mengerti.

Saya ngga takut kalau saya berbuat baik tapi dibales dengan hal jahat. Karena saya yakin, Tuhan akan memberi saya ganjaran yang lebih baik nanti. Saya juga ngga senang kalau saya melihat orang yang berbuat jahat tapi hidupnya enak. Karena saya yakin, Tuhan akan memberi mereka hukuman yang lebih berat nanti.

Saya cuma fokus pada apa yang saya lakukan sekarang. Saya berusaha untuk selalu berbuat baik kepada sesama, tanpa mengharapkan balasan dari mereka. Saya berusaha untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan kepada saya, tanpa mengeluh atau merasa kurang. 

Saya percaya, dengan cara itu, saya akan mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Saya percaya, dengan cara itu, saya akan mendapat ridha dari Tuhan. Saya percaya, dengan cara itu, saya akan mendapat karma yang baik.
Lebih baru Lebih lama