Berenang di Umbul, Serasa Nyemplung ke Dalam Aquascape

Umbul Ponggok
Umbul Ponggok

Saat memandang ke dalam aquascape atau aquarium, pernah ngga lo berimajinasi ingin masuk ke dalam situ lalu berenang bareng ikan-ikan di dalamnya?
Ya fantasi itu bisa terwujud kalau lo nyemplung ke dalam umbul. Umbul itu semacam kolam renang alami dimana airnya dari sumber mata air.

Long weekend ini gue berkesampatan mengunjungi dua umbul di wilayah Klaten, Jawa Tengah, Umbul Ponggok dan Umbul Kemanten. Kebetulan keduanya jaraknya berdekatan.

Buat transportasi, sepertinya tidak ada transportasi umum macam angkot, bus ataupun taksi yang melintasi kedua umbul ini. Jadi terpaksa gue men-charter taksi harga borongan dengan biaya Rp350.000 bersih. Tadinya sih mau nyewa mobil rental, tapi harganya sangat tidak bersahabat.

Umbul Ponggok

Gue bahas yang Umbul Ponggok dulu ya. Lokasi tempat ini tidak susah dicari. Cuma modal liat peta di Google Maps aja pasti ketemu kok. Tiket masuknya seharga Rp15.000/orang. Di sana juga disediakan penyewaan alat snorkeling, life jacket, kamera under water, dan aktivitas jalan di bawah air macam di Bali itu yang pake alat kayak astronot.

Gue sampe di sana jam 10.30 pagi, dan ramainya masih normal. Kata sepupu gue, kalau weekend itu ramainya minta ampun. Setelah berganti baju dan menyiapkan alat snorkeling, nyemplunglah gue....

Masya Allah....dingin bener airnya. Dinginnya kayak dingin air gunung. Cuma 5 menit di dalam situ udah langsung menggigil. Buat lo yang punya wetsuit mending bawa deh. Sumpah dingin banget.
Umbul Ponggok

Buat kedalamannya sendiri beragam. Di pinggir ada yang sekitar 1,5 meteran tapi ada juga yang sekitar 2 meteran. Di tengah lebih dalam lagi. Buat bocah, ada kolam kecil dengan kedalaman sekitar 80 cm yang terpisah dari kolam utama.

Kalo lo nyelam, di bagian yang banyak batu-batunya (pinggir) cenderung butek dan gelap. Tapi kalo ke tengah bakal lebih terang karena dasarnya pasir.

Ikan di dalamnya didominasi sama ikan mas dan gurami atau mujair (i dont know). Mulai dari ikan yang ukurannya segede teri sampai yang segede bayi ada di dalam situ. Ikannya jinak semua kok.

Gue ngga lama di sana hanya sekitar 1,5 jam saja karena ngga kuat sama dinginnya itu.
Tiket masuk Umbul Ponggok
Tiket masuk Umbul Ponggok

Umbul Kemanten

Selesai di Ponggok, kami langsung menuju ke Umbul Kemanten yang hanya berjarak sekitar 4 Km dari Ponggok. Lokasinya pun mudah ditemukan, kembali cek Google Maps.

Bila dibandingkan Ponggok, Kemanten ini belum dikelola seperti Ponggok. Kondisi tempatnya pun jauh berbeda. Di Ponggok, dibuat seperti area kolam renang publik, sementara di Kemanten masih benar-benar alami dan dikelola secara tradisional. Tiketnya cuma Rp4.000/orang dan parkir mobil Rp5.000.

Ukuran kolamnya beda. Di Ponggok ukurannya seperti olympic size, sementara di Kemanten mungkin 1/6-nya. Untungnya saat ke sana masih belum begitu ramai. Cuma ada sekitar kurang dari 10 orang yang ada di kolam. Jadi masih bisa mondar-mandir. Kalo seandainya aja ada 20 plus orang, sepertinya udah mulai ga nyaman. Karena kolamnya memang kecil.

Di sekelilingnya ada pohon-pohon tinggi. Kedalaman Kemanten juga bersahabat dengan orang setinggi gue. Tidak ada area yang dalam. Di dalamnya juga tidak ada ikan sebesar di Ponggok. Tapi jernihnya itu loohh. Gue lebih seneng nyemplung di Kemanten ini ketimbang di Ponggok. Airnya juga ngga sedingin Ponggok dan segarnya minta ampuuunnn.
Umbul Kemanten
Umbul Kemanten

Masih nyambung dengan kolam utama, ada kolam dengan kedalaman selutut, khusus bocah. Tapi hati-hati ya karena semua kolam yang ada di sini dasarnya masih alami penuh bebatuan. Di sebelahnya lagi ada kolam buat terapi ikan (katanya) dan buat nyerokin ikan. Keduanya bertarif Rp3500.

Overall, kalo gue disuruh milih, gue akan memilih ke Kemanten dengan syarat lagi ngga banyak orang. Airnya yang segar dan tidak begitu dingin, suasana rimbun dan masih tradisional banget.
Lebih baru Lebih lama