Sok Nasionalis?

bendera Indonesia
Photo by Anggit Rizkianto on Unsplash


Baru-baru ini ada pertanyaan yang bikin saya rada kesel. Pertanyaan itu dilontarkan oleh salah seorang kawan di kampus dulu. Lewat Yahoo! Messenger, dia berkomentar, "Sok nasionalis banget sih lo?". Komentar dia muncul karena melihat avatar yang saya pakai di Yahoo! Messenger bergambar bendera merah putih.


Apa ada masalah dengan itu? Memangnya salah kalau saya pasang bendera merah putih sebagai avatar? Toh saya orang Indonesia (asli bukan blasteran atau keturunan), tinggal di Indonesia, besar di Indonesia, lahir di Indonesia, cari makan di Indonesia, semuanya di Indonesia.

Saya bangga jadi orang Indonesia, dan saya cinta negeri ini. Walaupun ada beberapa hal dari negara ini yang memang tidak bisa dibanggakan. Contohnya pemerintahan yang korup, manusianya yang ngga disiplin, Kangen Band, de el el. Tapi selebihnya saya tetap orang Indonesia.

Tidak ada yang salah dengan memasang bendera merah putih sebagai avatar. Itu adalah simbol kebanggaan dan cinta tanah air. Tidak perlu malu untuk menunjukkan kebanggaanmu pada Indonesia.

Mungkin teman saya itu tidak terbiasa melihat orang-orang yang menunjukkan kebanggaannya pada Indonesia. Mungkin dia juga tidak tahu apa artinya bendera merah putih.

Jika kau ingin menjelaskan pada temanmu mengapa kau memasang bendera merah putih sebagai avatar, kau bisa mengatakan sesuatu seperti ini:

"Saya memasang bendera merah putih sebagai avatar karena aku bangga menjadi orang Indonesia. Saya ingin menunjukkan kebanggaan ini pada dunia."

Jika ada teman yang masih tidak bisa memahami mengapa kamu memasang bendera merah putih sebagai avatar, maka mungkin dia tidak pantas untuk menjadi temanmu di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama